Rini Sumiarti, - (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN PENGUMPULAN ZAKAT DAN INFAK DI LEMBAGA AMIL ZAKAT SWADAYA UMMAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Pengumpulan Zakat Dan Infak Di Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah Kota Pekanbaru Meningkatkan minat Muzaki dalam membayarkan zakat membutuhkan pelayanan yang prima. Sebab dengan hal tersebut Muzaki akan merasa puas dan bersedia melaksanakan pembayaran zakat. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan prima dalam meningkatkan pengumpulan zakat dan infak di Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan informan peneitian yang merupakan Direktur dan Manager Pengumpulan di Swadaya Ummah. Hasil Penelitian menyatakan bahwa pelayanan yang dilaksanakan Swadaya Ummah terdiri dari pelayanan penghimpunan seperti layanan Konsultasi Zakat kepada masyarakat yang ingin dibantu dalam menghitung zakatnya, Kode Etik Amil sebagai jaminan integritas pegawai, dan Layanan Jemput Donasi untuk memudahkan muzakki membayarkan zakatnya. Sedangkan pelayanan pada keuangan dilaksanakan seperti layanan Transfer Donasi melalu Rekening di Bank tertentu, Zakat melalui E-Money seperti Gopay, OVO, dan Dana, Digitalisasi Zakat dan SMS Centre. Terakhir pelayanan pada pelaporan meliputi pemberian laporan bulanan dan tahunan yang berisikan aktifitas program dan keuangan. Selain pelayanan pelaporan juga diberikan dalam bentuk rekomendasi mustahik. Kendala yang terjadi pada pelayanan prima di Swadaya Ummah adalah sebagai berikut: Besarnya biaya Pelayanan, yang mana dalam memberikan pelayanan membutuhkan biaya yang besar untuk membeli teknologi untuk membantu para muzaki. Selanjutnya Sumber Daya Manusia yang kurang mendukung, Hal ini disebabkan langkah efisiensi lembaga yang mengakibatkan jumlah Sumber Daya Manusia tidak sebanding dengan tugas dan fungsi yang diberikan. Terakhir, Rendahnya kordinasi, Dalam melaksanakan pelayanan membutuhkan kordinasi yang baik dari seluruh bidang. Namun di Swadaya Ummah kordinasi ini belum terbangun secara maksimal. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah, pelayanan yang diberikan oleh Swadaya Ummah kepada Muzaki dalam rangka meningkatkan pengumpulan zakat sudah cukup baik. Hal ini disebabkan pelayanan yang diberikan swadaya ummah memiliki kesesuaian dengan prinsip pelayanan menurut ekonomi syariah. Prinsip tersebut adalah memberikan kemudahan (at-taysir) yang diwujudukan melalui beberapa kemudahan bagi muzaki dalam membayarkan zakat seperti layanan jemput donasi, transfer donasi, dan pembayaran melalui E-Money. Selain itu juga terdapat prinsip persaudaraan (ukhuwah). Segala bentuk pelayanan yang dilaksanakan Swadaya Ummah bertujuan agar Muzaki mampu menjadi bagian dari Swadaya Ummah. Sehingga tanpa ragu ikut serta mengajak rekan-rekannya untuk berzakat ke Swadaya Ummah. Kata Kunci: Pelayanan, Pengumpulan, Muzaki
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:42 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75066 |
Actions (login required)
View Item |