Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENGKAFANI JENAZAH PERPSPEKTIF HADIS (Kajian Tematik Hadis)

AHMAD FAUZI, - (2023) MENGKAFANI JENAZAH PERPSPEKTIF HADIS (Kajian Tematik Hadis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD FAUZI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Mengkafani Jenazah Perspektif Hadis (Kajian Hadis Tematik)”. Disebabkan kurangnya pemahaman akan penyelenggaraan jenazah khususnya pelaksanaan memandikan dan mengkafani jenazah di tengah-tengah masyarakat sebagaimana seharusnya. Sehingga perlu sebuah gagasan, petunjuk, dan arahan dari hadis (serta syarah dari para Ulama) bagi umat Islam dalam menyikapi hal tersebut. Agar nantinya menjadi pengamalan yang berkesinambungan. Sementara itu penulis akan membahas tentang bagaimana status hadis-hadis tentang mengkafani jenazah dan bagaimana etika tentang mengkafani jenazah. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research), yang dimaksud dengan penelitian kepustakaan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur dari perpustakaan. Jumhur ulama berpendapat bahwa hadis hadis tentang mengkafani jenazah yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim sudah dapat dipastikan keshahihannya. Selain itu penulis juga berpendapat demikian setelah melakukan takhrij pada hadis tersebut menggunakan kitab Mu’jam Al-Mufahras Li Alfash Al Hadis, Kitab Kanzul Umal dan Kitab Tuhfatul AsRaf. Secara garis besar, penulis memaparkan tentang sunnah nabi dalam mengkafani jenazah yaitu yang harus dilakukan pertama adalah memilih kain kafan yang bagus untuk simayit, yang kedua menggunakan jenis kafan yang dianjurkan Rasulullah SAW yaitu kain hibarah, ketiga, dianjurkan mengkafani mayat laki-laki dengan tiga lapis kain, dan lima lapis kain bagi mayat perempuan. Kata Kunci : Kafan, Jenazah, Persfektif Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:45
Last Modified: 27 Jul 2023 00:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75018

Actions (login required)

View Item View Item