AHMAD FANDY, - Propagation Model for Mobile Communication 2100 Mhz in Tampan Pekanbaru City. JITE (Journal of Informatics and Telecommunication Engineering). ISSN ISSN 2549-6247 (Print) ISSN 2549-6255 (Online)
|
Text
JURNAL REPSITORY AHMAD.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Model propagasi memiliki peran penting dalam merancang jaringan komunikasi yang mencakup komunikasi bergerak. Perbedaan sinyal propagasi dari pemancar ke stasiun seluler mengakibatkan kerugian propagasi. Oleh karena itu, diperlukan model propagasi yang dapat menggambarkan karakteristik propagasi di wilayah perkotaan, seperti Kota Pekanbaru. Metode pengukuran drive test digunakan untuk mendapatkan model propagasi yang sesuai dengan karakteristik Kecamatan Tampan di Kota Pekanbaru pada frekuensi 2100 MHz. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan model propagasi ponsel yang sesuai dengan karakteristik Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil pengukuran kerugian sinyal terhadap jarak, dikembangkan tiga model persamaan propagasi ponsel untuk wilayah perkotaan Pekanbaru. Model-model tersebut meliputi persamaan linear: Y = 1.1x + 67, persamaan kuadratik: Y = -0.28x^2 + 1.9x + 67, dan persamaan kubik: Y = -0.8x^3 + 3.3x^2 – 2x + 67. Model persamaan linear digunakan untuk menggambarkan hubungan antara jarak (x) dan kerugian propagasi (Y). Model persamaan kuadratik mencakup variabel x^2 yang menunjukkan efek kuadratik dalam hubungan antara jarak dan kerugian propagasi. Sedangkan model persamaan kubik yang paling kompleks di antara ketiga model, dapat menggambarkan hubungan yang lebih kompleks antara jarak dan kerugian propagasi. Kata Kunci: , Drive Test, Loss Propagasi ,Kecamatan Tampan, Model Propagasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75014 |
Actions (login required)
View Item |