Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGAWASAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM UPAYA OPTIMALISASI JAMINAN KESELAMATAN PENUMPANG BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR PM 29 TAHUN 2015 TENTANG STANDAR PELAYANAN MINIMAL ANGKUTAN ORANG DENGAN KENDARAAN BERMOTOR UMUM DALAM TRAYEK DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

MUHAMMAD SAFAR AFANDI, - (2023) PENGAWASAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM UPAYA OPTIMALISASI JAMINAN KESELAMATAN PENUMPANG BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR PM 29 TAHUN 2015 TENTANG STANDAR PELAYANAN MINIMAL ANGKUTAN ORANG DENGAN KENDARAAN BERMOTOR UMUM DALAM TRAYEK DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV MUHAMMAD SAFAR AFANDI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV MUHAMMAD SAFAR AFANDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)

Abstract

ABSTRAK Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek mengatur upaya optimalisasi jaminan keselamatan terhadap penumpang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengawasan dinas perhubungan dalam upaya optimalisasi jaminan keselamatan penumpang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek di Kabupaten Indragiri Hilir, serta apa faktor penghambat pengawasan Dinas perhubungan dalam upaya optimalisasi jaminan keselamatan penumpang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 di Kabupaten Indragiri Hilir. Kemudian adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengawasan dinas perhubungan dalam upaya optimalisasi jaminan keselamatan penumpang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek di Kabupaten Indragiri Hilir, serta untuk mengetahui faktor penghambat pengawasan dinas perhubungan dalam upaya optimalisasi jaminan keselamatan penumpang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 di Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Pelaksanaan pengawasan Dinas Perhubungan dalam upaya optimalisasi jaminan keselamatan penumpang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek di Kabupaten Indragiri Hilir belum terlaksana dengan baik, karena masih banyak supir-supir bus yang tidak disiplin, kurangnya pemahaman tentang peraturan hukum, sehingga tidak peduli terhadap standar pelayanan minimal angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum. Adapun faktor penghambat pengawasan Dinas Perhubungan Dalam upaya optimalisasi jaminan keselamatan penumpang di Kabupaten Indragiri Hilir diantaranya adalah: (i) kurangnya pengawasan Dinas Perhubungan; (ii) dan kurangnya sosialisasi Dinas Perhubungan; serta (iii) kurangnya kurangnya kepedulian Dinas Perhubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:33
Last Modified: 27 Jul 2023 01:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75001

Actions (login required)

View Item View Item