MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KELILING KELAS PADA SISWA KELAS V SDN 002 KOTO BARU KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Zulhiarni, (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KELILING KELAS PADA SISWA KELAS V SDN 002 KOTO BARU KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011111.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Keliling Kelas dapat meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN 002 Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah “Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 002 Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Hilir”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 002 Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi khususnya pada kelas V tahun ajaran 2010-2011. Adapun waktu penelitian ini direncanakan bulan Mei sampai dengan Agustus 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai persentase 43.15% dengan kategori “cukup tinggi” karena berada pada rentang 40-55%. Pada siklus I meningkat dengan persentase 60.3% dengan kategori “Tinggi” karena berada pada rentang 56 % - 75%. Sedangkan pada Siklus II kemampuan siswa dalam melaksanakan mengartikan surah pendek dalam Al-Quran meningkat dengan cukup memuaskan dengan persentase 76.4% dengan kategori “Sangat Tinggi” karena berada pada rentang 76 % - 100 %. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi melalui teknik Keliling Kelas Model Pembelajaran Kooperatif dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:48
Last Modified: 21 Dec 2015 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item