Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIK SINEMATOGRAFI PADA IKLAN TOKOPEDIA VERSI MEMBANGUN INDONESIA BERSAMA TOKOPEDIA

MUHAMMAD FAIRUZ, - (2023) ANALISIS TEKNIK SINEMATOGRAFI PADA IKLAN TOKOPEDIA VERSI MEMBANGUN INDONESIA BERSAMA TOKOPEDIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini menginvestigasi implementasi teknik sinematografi pada iklan To-kopedia dengan tujuan menciptakan video yang menarik dan relevan bagi target audiens. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menerapkan analisis konten, penelitian ini mengkaji strategi sinematografi yang digunakan da-lam iklan tersebut. Temuan penelitian ini menekankan penekanan iklan pada pe-nangkapan interaksi antara objek dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan utamanya adalah menyampaikan pesan tentang pembangunan ekonomi yang kuat di Indone-sia melalui penggunaan platform Tokopedia. Teknik sudut kamera yang paling banyak digunakan dalam iklan ini adalah eye level, yang menawarkan perspektif yang nyaman dan akrab bagi penonton. Type shot yang dominan digunakan ada-lah medium shot, yang efektif dalam menampilkan kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia sambil mengintegrasikan Tokopedia. Selain itu, teknik komposisi yang umum digunakan adalah head room, yang menciptakan kesan ruang yang luas dengan memberikan ruang terbuka yang cukup antara kepala objek dengan batas bingkai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa iklan Tokopedia dengan tepat menerapkan prinsip-prinsip dasar sinematografi yang dirumuskan oleh Joseph Mascelli. Implementasi yang beragam dari teknik sinematografi tersebut mencegah video menjadi monoton. Selain itu, pemilihan objek dan lingkungan yang relevan dalam iklan ini resonan dengan audiens Indonesia, memungkinkan terjalinnya hubungan yang mendalam dengan adegan yang ditampilkan. Analisis menunjukkan bahwa medium shot adalah sudut kamera yang paling sering digunakan, dengan eye level menjadi tipe shot yang dominan, dan head room menjadi teknik komposisi yang sering digunakan. Kata kunci: Sinematografi, iklan, Tokopedia, sudut kamera, tipe shot, komposisi, penelitian kualitatif, analisis konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:30
Last Modified: 26 Jul 2023 05:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74990

Actions (login required)

View Item View Item