Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KUALITAS DAN PEMAHAMAN HADIS LARANGAN BAGI LAKI-LAKI MEMAKAI EMAS DALAM ILMU KESEHATAN DARI PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN HADIS TEMATIK)

Zakaria, Zakaria (2023) STUDI KUALITAS DAN PEMAHAMAN HADIS LARANGAN BAGI LAKI-LAKI MEMAKAI EMAS DALAM ILMU KESEHATAN DARI PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN HADIS TEMATIK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Pelarangan Pria Menggunakan Emas dalam Ilmu Kesehatan Perspektif Hasi (Penelitian Hadits Tematik). Emas merupakan salah satu perhiasan yang banyak diminati terutama oleh para wanita dengan berbagai fungsinya. Selain digunakan sebagai mahar pada pesta pernikahan, emas juga dapat digunakan sebagai aset untuk menyimpan aset guna mencegah inflasi, sehingga nilai aset tidak turun karena harga emas cenderung stabil. Pada umumnya perhiasan emas berupa anting, kalung, gelang dan cincin sering dikenakan oleh para wanita, karena membuat penampilan semakin menarik saat dikenakan. Namun, hal ini tidak dianjurkan oleh pria dengan alasan pria tidak sepantasnya wanita dan dapat merugikan kesehatan pria jika memakai emas. Dalam hadits matan di atas disebutkan bahwa Rasulullah SAW melarang memakai emas bagi laki-laki, dengan menggunakan lafal “haram”. Adapun mengenai alasan pelarangan tersebut, para ulama mengaitkannya dengan beberapa hal, antara lain; dengan alasan kesombongan, menyerupai perbuatan atau perilaku wanita karena emas adalah perhiasan yang biasa dikenakan oleh wanita, menyerupai musyrik, membual, dan lain sebagainya. hadits lalu larangan memakai emas ditinjau dari ilmu kesehatan. Penelitian ini bersifat kualitatif berdasarkan tinjauan pustaka. Prosedur penelitian kualitatif menggunakan penelitian yang tampilannya berupa kata-kata lisan atau tulisan yang diteliti oleh peneliti, dan objek yang diamati secara mendetail sehingga makna tersirat dalam dokumen atau objek dapat ditangkap. Dari penelusuran yang penulis lakukan, hadits tentang larangan memakai laki-laki menyimpulkan bahwa emas adalah salah satu barang yang dapat digunakan untuk diri sendiri. - Hiasan, namun mengikuti sunnah nabi emas adalah perhiasan yang diharamkan. untuk pria. Untuk kesehatan bagi penderita epilepsi, penggunaan emas pada tubuh mereka dapat merangsang serangan epilepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Emas, Ilmu Kesehatan, Hadits
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:06
Last Modified: 26 Jul 2023 05:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74982

Actions (login required)

View Item View Item