Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRADISI MASYARAKAT DALAM PENYEMBELIHAN HEWAN KETIKA MEMBELI KENDARAAN BARU DI DESA KEBUN DURIAN KAMPAR (Kajian Living Hadis)

NUR AFRINA YANI, - (2023) TRADISI MASYARAKAT DALAM PENYEMBELIHAN HEWAN KETIKA MEMBELI KENDARAAN BARU DI DESA KEBUN DURIAN KAMPAR (Kajian Living Hadis). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “TRADISI MASYARAKAT DALAM PENYEMBELIHAN HEWAN KETIKA MEMBELI KENDARAAN BARU DI DESA KEBUN DURIAN (KAJIAN LIVING HADIS)”. Dengan rumusan masalah bagaimana pelaksanaan tradisi penyembelihan hewan ketika membeli kendaraan baru dan bagaimana living hadis terhadap tradisi penyembelihan hewan ketika membeli kendaraan baru, dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh). Sampel dalam penelitian ini adalah tokoh ulama desa, tokoh adat, masyarakat yang membantu dan melakukan tradisi penyembelihan hewan ketika membeli kendaraan baru. Data yang diambil dari penelitian ini bersumber dari Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian ini pemahaman pembaca tentang tradisi penyembelihan hewan ketika membeli kendaraan baru tidak lagi di salah artikan maksud dan tujuannya. Hasil penelitian juga dijelaskan dari sejarah awal mula terjadinya tradisi penyembelihan hewan ketika membeli kendaraan baru dan masyarakat desa kebun durian juga melakukan tradisi ini dengan pelaksanaan tata cara yang baik menurut syariat Islam dan tidak lepas dari pandangan ulama desa, tokoh adat dan masyarakat yang membantu dan melaksanakan tradisi tersebut, dengan tujuan bersyukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT dan mensedekahkan hasil hewan yang disembelih juga karena tujuan ingin mendapatkan keberkahan atas rezeki yang disedekahkan. Tradisi ini juga ditinjau dari hadis Nabi SAW yang diriwayatkan dalam kitab Sunan Ibnu Majah bab 27 no hadis 1918, dan beberapa penjelasan hadis tentang tujuan sebagai rasa syukur, bersedekah, dan bertabarruk (ingin mendapatkan keberkahan) ketika penyembelihan hewan karena membeli kendaraan baru. Kata Kunci: Tradisi, Penyembelihan, Kendaraan, (Kajian Living Hadis)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:50
Last Modified: 28 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74969

Actions (login required)

View Item View Item