ANISHA WULANDARI, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (37MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
Abstract
ABSTRAK Anisha Wulandari (2023) : Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa e-modul dengan basis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemamapuan berpikir kreatif matematis siswa SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMPS YPPI Perawang tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah para ahli teknologi dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru matematika dan siswa kelas VIII. Adapun objek penelitian ini adalah e-modul menggunakan Flip PDF professional berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP/MTs. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dan soal posttest. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi materi dan teknologi, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) E-Modul menggunakan Flip PDF professional berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP/MTs dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan adalah 90%. (2) E-Modul menggunakan Flip PDF professional berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP/MTs dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata persentase kepraktisan 86%. (3) E-Modul menggunakan Flip PDF professional berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP/MTs dinyatakan efektif berdasarkan uji normalitas, homogenitas dan uji-t yang telah dilakukan dengan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:18 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74952 |
Actions (login required)
View Item |