Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU

NURHAFIZAH LUBIS, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa melalui model pembelajaran take and give di kelas V Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 29 orang siswa kelas VC Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru, dan objek penelitiannya adalah model pembelajaran take and give dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yangsdigunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran take and give dapat meningatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa sejak pra-siklus yang hanya mencapai nilai rata-rata 43 dengan kategori kurang, lalu meningkat pada siklus I pertemuan I menjadi 62 dengan kategori kurang, dan meningkat kembali pada siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 73 atau berada pada kategori kurang dan meningkat kembali pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 80 dengan kategori cukup dan meningkat kembali pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 89 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran take and give dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:48
Last Modified: 26 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74942

Actions (login required)

View Item View Item