YANANDRA AMELIA PUTRI, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 004 SUNGAI PIRING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB I-BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan strategi inquiry kelas IV SDN 004 Sungai Piring. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih tergolong rendahnya kemampuan berpikir kritis dikelas IV SDN 024 Sungai Piring, diantaranya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang diajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan dan memberikan argumentasi dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 24 orang siswa kelas IV SDN 004 Sungai Piring. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model inquiry dapat meningkatkan kemampaun berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 12,5. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 38,13 dengan ketuntasan klasikal 20,83%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 74,17 dan ketuntasan klasikal 75% dengan kategori Kritis. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 024 Sungai Piring.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:51 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74941 |
Actions (login required)
View Item |