Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUMAHAN FLAMBOYAN RESIDENCE PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

FANI SULASTRI, - (2023) PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUMAHAN FLAMBOYAN RESIDENCE PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

FANI SULASTRI (2023) : PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUMAHAN FLAMBOYAN RESIDENCE PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan penduduk yang meningkat serta meningkatnya persaingan pada bidang pemasaran Real estate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian pada perumahan Flamboyan residence pekanbaru perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif, lokasi penelitian terletak di kelurahan Umban sari kecamatan Rumbai kota Pekanbaru dengan populasi masyarakat ditempat yang membeli perumahan flamboyan residence. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 91 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linear Y = 8,525 - 0,125X1 + 0,342X2 + 0,350X3 + 0,105X4 dimana Produk, Harga dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada perumahan flamboyan residence pekanbaru, yaitu variabel Produk (X1) ditambah 1 satuan maka variabel keputusan pembelian (Y) naik sebesar 0,125 dengan arah yang negatif, satuan dan juga dengan variabel Harga (X2) dan Lokasi (X3). pada variabel promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian , yaitu produk (X1) ditambah 1 satuan maka variabel keputusan pembelian (Y) turun sebesar 0,105 satuan. Pembuktian lain dilihat dari uji-t pada produk thitung, -2,564 > 1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,0,012 < 0,05 dengan kesimpulan bahwa H1 diterima, pada Variabel harga thitung 4,439 > 1,988 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H2 diterima, pada variabel lokasi thitung 3,122 > 1,988 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka H3 diterima. Demikian juga variabel promosi thitung 1,752 < 1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,083 > 0,05 maka H4 ditolak. Melalui uji-F diperoleh Fhitung 44,726 > Ftabel 2,476 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H5 diterima artinya variabel produk, harga, lokasi dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian perumahan flamboyan resiende pekanbaru. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,602 artinya besarnya pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 60,2% sedangkan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian ini. Ditinjau menurut Ekonomi syariah, bahwa penduduk di perumahan flamboyan residence pekanbaru sepenuhnya belum sesuai dengan prinsip dalam islam. Kata kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan pembelian, perumahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:26
Last Modified: 26 Jul 2023 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74937

Actions (login required)

View Item View Item