Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING QUICK RESPONSE CODES ON STUDENTS’ ACTIVENESS AND MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT MA MASMUR PEKANBARU

YURIKA DARLIS, - (2023) THE EFFECT OF USING QUICK RESPONSE CODES ON STUDENTS’ ACTIVENESS AND MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT MA MASMUR PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS YURIKA DARLIS.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yurika Darlis (2023) : Pengaruh Penggunaan kode QR pada keaktifan dan motivasi siswa dalam Pelajaran Bahasa Inggris di MA Masmur Pekanbaru Perkembangan teknologi membawa inovasi dalam segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Kode QR (Quick Response) adalah salah satu inovasi tersebut. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Quick Response Codes pada keaktifan dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris di kelas sebelas MA Masmur Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental, dengan desain one group pretest and one group posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 2 MA Masmur Pekanbaru yang berjumlah 21 siswa, sehingga peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah komposisi observasi checklist dan angket. Teknik analisis data di MA Masmur menggunakan uji t sampel berpasangan dengan menggunakan SPSS versi 29. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Quick Response Codes meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor keaktifan siswa pada pra-angket adalah 54,62 dan pasca-angket adalah 68,71, motivasi siswa pada pra-angket adalah 56,67 dan pasca-angket adalah 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil angket pra dan pasca angket terhadap nilai siswa. Nilai t-test lebih tinggi dari nilai t-tabel (6,609>1,725) pada keaktifan siswa dan (21,728>1,725) pada motivasi siswa. Pertanyaan penelitian terjawab bahwa QR Code efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris dan meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa. Kata Kunci: Kode QR, Keaktifan, Motivasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:22
Last Modified: 25 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74919

Actions (login required)

View Item View Item