Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EFEK NIKAH SESAMA SUKU DI DESA LUBUK SIAM KECAMATAN SIAK HULU PERSPEKTIF HADIS

M. RIZKI HABIBILLAH, - (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EFEK NIKAH SESAMA SUKU DI DESA LUBUK SIAM KECAMATAN SIAK HULU PERSPEKTIF HADIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK M.RIZKI HABIBILLAH (2023):PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EFEK NIKAH SESAMA SUKU DI DESA LUBUK SIAM KECAMATAN SIAK HULU PERSPEKTIF HADIS. Pernikahan sejatinya adalah sebuah perjanjian atau pengikatan suci antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang dilandasi rasa saling mencintai satu sama lain, saling suka dan rela antara kedua belah pihak. Pernikahan juga merupakan hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW bahkan di wajibkan apabila seseorang telah memenuhui persyaratannya. Lantas bagaimana jika suatu pernikahan yang seharusnya dilandasi rasa suka justru menjadi keterpaksaan atau jika kedua pasangan sudah saling suka lantas tidak diperbolehkan melangsungkan pernikahan dikarenakan adanya larangan menikahi pasangan sesama suku sebagaimana yang terjadi di Desa Lubuk Siam, Kecamatan Siak Hulu, dengan alasan akan mendatangkan kesialan dan musibah. Sementara itu dalam hadisnya Nabi justru melarang seseorang untuk percaya pada suatu kesialan atau yang disebut Thiyarah. Maka dari permasalahan ini penulis melakukan penelitian yang berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Efek Nikah Sesama Suku Di Desa Lubuk Siam Kecamatan Siak Hulu Perspektif Hadis”. Dengan rumusan masalah Bagaimana persepsi masyarakat terhadap efek Nikah Sesama Suku di Desa Lubuk Siam Kecamatan Siak Hulu dan Bagaimana pandangan hadis terhadap efek Nikah Sesama Suku di Desa Lubuk Siam. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan ( Field Research). Adapun hasil penelitian adalah bahwa sebagian Masyarakat meyakini jika pernikahan sesama suku dilaksanakan maka akan terjadi musibah. Seperti keturunannya akan cacat, diterkam binatang buas, dan hidupnya akan susah. Ternyata keyakinan masyarakat yang melarang diadakannya nikah sesama suku bukan tanpa landasan melainkan berdasarkan hadis Nabi. Akan tetapi hadis yang digunakan berstatus Gharib ( asing ) bahkan sebagian ulama menilainya munkar.selain itu ada yang perlu diperbaiki dalam hal keyakinan efek dari pernikahan sesama suku karena kurang sesuai dengan hadis Nabi. Kata Kunci : Thiyarah, Hadis, Nikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:50
Last Modified: 25 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74909

Actions (login required)

View Item View Item