KORELASI ANTARA PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS DUA MTS DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU

Eka Syahputra, (2011) KORELASI ANTARA PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS DUA MTS DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011485.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah variabel X (penguasaan Mufrosat Bahasa Arab siswa) dan yang kedua adalah variabel Y (kemampuan berbicara siswa). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua MTs Pondok Pesantren Al-Munawwarah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penguasaan mufrodat bahasa arab dan kemampuan berbicara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Untuk penguasaan Mufrodat, penulis menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Dalam tes pilihan ganda, penulis menyediakan siswa kalimat tidak lengkap yang diikuti dengan empat pilihan ganda untuk melengkapi kalimat tersebut. Kemudian, untuk kemampuan berbicara, penulis menggunakan tes berbicara yaitu dengan bermuhadasah dengan para siswa dengan judul yang telah ditentukan. Populasi penelitian berjumlah 24 orang siswa. Kemudian, dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik total sampling. Dengan menggunakan rumus product moment melalui SPSS 17.00 untuk menganalisis data, penulis menemukan bahwa r null adalah 0,576 dan r tabel adalah 0,537 pada tingkat 1% dan 0,423 pada tingkat 5%. Dengan kata lain, r null lebih besar daripada r tabel baik pada tingkat 5% atau 1%. (H0 ditolak dan Ha diterima). Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan mufrodat bahasa arab dan kemampuan berbicara siswa. Selanjutnya, penulis menemukan bahwa besarnya pengaruh penguasaan mufrodat dalam kemampuan berbicara adalah 33,17%. Dapat disimpulkan bahwa, kemampuan berbicara siswa kelas dua MTs di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Pekanbaru ditentukan oleh penguasaan mufrodat bahasa arab mereka. Besar pengaruhnya adalah 33,17%. Kemudian, 66,83% lainnya adalah pengaruh dari faktor faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item