Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

MUFIDAH PULUNGAN, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

ABSTRAK Mufidah Pulungan (2023): Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses kegiatan belajar mengajar di sekolah belum megoptimalkan beberapa keterampilan yang terdapat dalam diri siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas masih bersifat umum dan teoritik. Di sekolah yang diteliti belum ada metode atau model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Untuk itu dalam penelitian ini digunakan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering)untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi ikatan kimia. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Padang Lawas. Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dan teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah berupa tes pretest dan postest. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dengan Uji independen T test dan N-Gain. Pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai Sig 0,000, maka hipotesis nol (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:46
Last Modified: 25 Jul 2023 05:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74889

Actions (login required)

View Item View Item