Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN SCREW PRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus: PT. Wira Karya Pramitra)

Andika Febriyono, - (2023) USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN SCREW PRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus: PT. Wira Karya Pramitra). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TA Dika Kecuali Bab IV dan V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan V)
BAB IV dan V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Wira Karya Pramitra (PT. WKP) adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit dari TBS menjadi CPO (Crude Palm Oil). Permasalahan yang terjadi adalah kerusakan mesin terjadi secara mendadak, dan perawatan dilakukan dengan sistem breakdown maintenance. Tujuan dari penelitian ini adalah Memberikan tindakan dalam perawatan mesin untuk kedepannya dan Menentukan jadwal interval waktu perawatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Reliability Centered Maintenance (RCM). Hasil penelitian menunjukkan urutan komponen kritis mesin Screw Press yaitu : worm screw, bearing, press cage dan shaft. Pemilihan tindakan yang dilakukan berupa TD (Time Directed) yaitu worm screw dan press cage. Sedangkan tindakan CD (Condistion Directed) yaitu bearing dan shaft. Waktu rata-rata kerusakan pada komponen worm screw 473,8 jam dan interval waktu perawatan yaitu 370 jam. Komponen bearing waktu rata – rata kerusakan yaitu 575,93 jam dan interval waktu perawatan 470 jam. Komponen press cage rata – rata waktu kerusakan yaitu 687,25 jam dan waktu perawatan yaitu 687,25 jam. Komponen terakhir yaitu shaft dengan rata – rata waktu kerusakan yaitu 924,18 jam dan interval waktu perawatan yaitu 760 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:06
Last Modified: 25 Jul 2023 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74826

Actions (login required)

View Item View Item