Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGILSOFTWARE BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASIMATEMATIS SISWA SMP/MTS

RAHMA SARITA, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGILSOFTWARE BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASIMATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMA SARITA.pdf

Download (32MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rahma Sarita, (2023) : Pengembangan E-Modul Menggunakan Sigil Software Berbasis Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terintegrasi Keislaman untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan E-Modul menggunakan Sigil software berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 23 Pekanbaru. Subjek penelitian ini dosen, guru dan siswa kelas VII. Objek penelitian ini adalah E-Modul menggunakan Sigil software berbasis pembelajaran penemuan terbimbing terintegrasi keislaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal posttest. Instrumen penelitian berupa lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi E-Modul, dan soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa E-Modul menggunakan Sigil software berbasis pembelajaran penemuan terbimbing terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (94,66%) dan sangat praktis (84,32%). Selanjutnya E-Modul ini dinyatakan dalam kategori efektif berdasarkan pada perhitungan uji mann whitney U menyatakan bahwa Zhitung = 4,74 > Ztabel = 1,96. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : E-Modul, Sigil Software, Penemuan Terbimbing, terintegrasi keislaman, komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:44
Last Modified: 25 Jul 2023 05:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74824

Actions (login required)

View Item View Item