Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK (E-LKS) MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

DEVY AFRIAN, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK (E-LKS) MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEVY AFRIAN.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Devy Afrian, (2023) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-LKS) Menggunakan Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-LKS) berbasis Problem Based Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Dayun, ahli materi pembelajaran dan teknologi pendidikan yang berasal dari guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah E-LKS menggunakan liveworksheet berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal posttest. Data diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, E-LKS berbasis Problem Based Learning dinyatakan sangat valid dengan persentase keidealan 87,67%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dan kelompok terbatas dengan jumlah responden 10 dan 23 orang siswa diperoleh bahwa E-LKS berbasis Problem Based Learning sangat praktis dengan persentase keidealan 87,67% dan 80,99%. Hasil uji efektivitas dikatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis karena > , yaitu 7,58 dan 2,01537 maka dari itu terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa E-LKS yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-LKS), Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:01
Last Modified: 25 Jul 2023 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74823

Actions (login required)

View Item View Item