Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERIPIK NENAS RESTU DI DESA KUALU NENAS KAMPAR PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

ZAHARUDDIN, - (2023) ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERIPIK NENAS RESTU DI DESA KUALU NENAS KAMPAR PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam mengembangkan usaha membutuhkan serangkaian strategi yang harus dilaksanakan sehingga usaha tersebut dapat berjalan dengan baik. Keripik Nenas Restu, merupakan salah satu UMKM di Desa Kualu Nenas memiliki potensi pengembangan usaha, namun sampai hari ini masih belum berkembang. Hal ini disebabkan usaha tersebut belum memiliki strategi pengembangan yang sesuai. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT terhadap strategi pengembangan usaha Keripik Nenas Restu dalam meningkatkan penjualan perspektif ekonomi syariah di Desa Kualu Nenas Kampar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada salah satu usaha yang bernama Keripik Nenas Restu beralamat di Desa Kualu Nenas Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen wawancara penelitian kepada pemilik usaha keripik Nenas Restu yang beralamat di Desa Kualu Tambang Kabupaten Kampar. Analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT secara kualitatif. Hasil dari Analisis SWOT terhadap strategi pengembangan usaha usaha Keripik Nenas Restu dalam meningkatkan penjualan di Desa Kualu Nenas Kampar terdiri dari beberapa strategi. Pemilihan strategi ini setelah menggunakan matrik SWOT. Adapun strategi yang dihasilkan dari matrik SWOT diantaranya: menambah modal usaha melalui perbankan syariah, meningkatkan produksi menjadi lebih banyak untuk memenuhi besarnya permintaan, menciptakan variasi produk olahan nenas, bekerjasama dengan pihak dinas perdagangan dan lembaga pendidikan sebagai labor kewirausahaan, melaksanakan penyesuaian harga, memeperindah tempat usaha, bergabung dengan kelompok usaha, dan memberikan pelayanan online dan antar produk. Kendala Keripik Nenas Restu dalam meningkatkan penjualan di Desa Kualu Nenas Kampar terdiri dari kurangnya modal usaha yang menyebabkan produksi terhambat, belum adanya tim promosi yang kreatif, dan persaingan usaha kerupuk nenas yang ketat di Desa Kualu Nenas.Perpektif Ekonomi Syariah meninjau Strategi Pengembangan Usaha Keripik Nenas Restu dalam meningkatkan penjualan di Desa Kualu Nenas Kampar menunjukan bahwa beberapa strategi harus diperhatikan. Diantara strategi tersebut adalah menambah modal yang semestinya melalui lembaga keuangan syariah. Hal ini dilakukan untuk menghindari riba. Selain itu strategi perbaikan tampilan usaha sangat bagus dilakukan sesuai dengan kaidah islam mengapresiasi kratifitas dan keindahan. Terakhir yakni menjalin kerjasama dengan pelaku usaha lainnya agar terciptanya prinsip tolong menolong yang sesuai dengan ajaran islam atau yang dikenal dengan konsep ta‟awun. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:15
Last Modified: 26 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74804

Actions (login required)

View Item View Item