Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV MIS KHOIRU UMMAH PEKANBARU

NELLY HERMAN, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV MIS KHOIRU UMMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NELLY HERMAN.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NELLY HERMAN, (2023) : “ Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV MIS Khoiru Ummah Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Daerah Tempat Tinggalku di MIS Khoiru Ummah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 orang siswa kelas IV MIS Khoiru Ummah Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Role Playing dan keteramoilan sosial siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampialn sosial siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai keterampilan sosial siswa rata-rata mencapai 15% dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan Model Pembelajaran Role Playing pada siklus I, nilai kemampuan daya ingat siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata mencapai mencapai 50% dengan kategori kurang, keterampilan sosial siswa sudah mulai meningkat namun masih belum mencapai indikator yang diharapkan, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 80% dengan kategori cukup. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampialn sosial siswa di kelas IV MIS Khoiru Ummah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:02
Last Modified: 25 Jul 2023 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74775

Actions (login required)

View Item View Item