Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP AKAD IJARAH BUKET UANG (STUDI DI TOKO SHOFIE FLOWER DAN AKSESORIS BULUH CINA PANAM PEKANBARU)

JULIA ARIA NINGSIH, - (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP AKAD IJARAH BUKET UANG (STUDI DI TOKO SHOFIE FLOWER DAN AKSESORIS BULUH CINA PANAM PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JULIA ARIA NINGSIH.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)

Abstract

ABSTRAK Julia Aria Ningsih,(2022): Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Akad Ijarah Buket Uang (Studi di Toko Shofie Flower Dan Aksesoris Buluh Cina Panam Pekanbaru) Pada Toko Shofie Flower terjadi transaksi pembelian buket uang dimana penjual membuat pesanan yang telah diterima dengan apa yang diminta oleh pembeli. Penjual menerima upah dari pembeli sebagai bentuk upah jasa penjual karna telah membuatkan pesanannya. Namun dalam pemberian upah buket uang kepada penjual ini, pembeli memberikan upah jasa kepada penjual melebihkan dengan uang yang akan dijadikan karangan buket tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan akad ijarah buket uang di toko Shofie Flower dan tinjauan fiqh muamalah terhadap Akad Ijarah Buket Uang di Toko Flowers dan Aksesoris Buluh Cina, Panam, Pekanbaru. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah (field reseach) yang berlokasi di Toko Shofie Flower Buluh Cina, Panam, Pekanbaru. Sumber data primer didapatkan dari pemilik toko Shofie Flower, karyawan toko Shofie Flower, pembeli, serta pihak-pihak yang terkait dan data sekunder yang didapatkan bersumber dari artikel, internet, buku, sebagainya yang memiliki keterkaitan. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian bahwa terkait akad ijarah buket uang di toko Shofie Flower yaitu pelaksanaan akad jual beli buket uang pada toko shofie flower dalam prakteknya dilakukan dengan cara memesan produk terlebih dahulu, pembayaran dilakukan ketika pengambilan buket uang tersebut. Pelaksanaan akad jual beli buket uang di toko Shofie Flower dengan cara per 10 lembar mata uang asli atau palsu dengan upah Rp. 50.000 bila uang tersebut dari toko, dan apabila uang tersebut dari pembeli Rp. 40.000. Jual beli buket uang ini di dalam Tinjauan Fiqh Muamalah dikenal dengan akad ijarah sama sekali tidak melanggar hukum Islam dikarenakan adanya campur tangan penjual yang membuat sekumpul uang menjadi sebuah hadiah yang indah dan bagus, sehingga kelebihan uang yang dibayarkan oleh konsumen sebenarnya bukanlah uang yang tidak sebanding, melainkan uang upah yang diterima atas apa yang dipekerjakan. Kata Kunci: Akad Ijarah Buket Uang, Toko Shofie Flower Dan Aksesoris Buluh Cina

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:18
Last Modified: 25 Jul 2023 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74770

Actions (login required)

View Item View Item