Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD IT INSAN UTAMA 2 PEKANBARU

LISA AMELIA, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD IT INSAN UTAMA 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LISA AMELIA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

ABSTRAK Lisa Amelia, ( 2023 ) : Penerapan Metode Pembelajaran Fishbowl untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siwa pada Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode pembelajaran fishbowl di kelas V SD IT InsanUtama 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 17 orang siswa. Objeknya adalah penerapan metode pembelajaran fishbowl dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kerja sama siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran, nilai rata-rata kemampuan kerja sama siswa hanya mencapai 47,58% atau tergolong dalam kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui metode pembelajaran fishbowl pada siklus I 60,73% atau tergolong dalam kategori cukup, dan pada siklus II juga meningkat menjadi 80,38% dan sudah termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran fishbowl dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Fishbowl, Keterampilan Kerja Sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:20
Last Modified: 25 Jul 2023 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74763

Actions (login required)

View Item View Item