Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs

FITRI RAHMAYANI NASUTION, - (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI RAHMAYANI NASUTION.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitri Rahmayani Nasution, (2023) : Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan blended learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pandan Nauli. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan IX-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data berupa soal tes kemampuan penalaran matematis, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji mann-whitney dan n-gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan blended learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung; 2) Tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan blended learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Berdasarkan nilai post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan penalaran siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan blended learning lebih baik dari nilai rata-rata post-test siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Kata Kunci: Pembelajaran Blended Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Bangun Ruang Sisi Lengkung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:20
Last Modified: 25 Jul 2023 08:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74750

Actions (login required)

View Item View Item