Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD IT AL FITYAH PEKANBARU

SUAIBAH NUR, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD IT AL FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUAIBAH NUR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak Suaibah Nur, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa kelas V SD ITAlfityah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dikelas V SD IT-Alfityah Pekanbaru melalui model pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi siswa, diantaranya, kurang mampu memberikan jawaban dengan menggunakan bahasanya sendiri, kurang mampu merefleksikan ide ide matematika kedalam benda benda nyata maupun gambar dan kurang mampu mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa sehari hrai dalam bahasa atau symbol matematika.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas,subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran contextual teaching and learning dan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dekskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 1 orang siswa atau 5 % berada pada kategori sangat baik, 6 orang siswa atau 35% berada pada kategori cukup baik, dan 7 orang siswa atau 41% berada pada kategori kurang dan 3 orang siswa atau 17% berada pada kategori sangat kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siklus I, kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat dimana 4 orang siswa atau 23% berada pada sangat baik, 8 orang siswa atau 47% berada pada kategori baik, dan 3 orang siswa atau 17% berada pada kategori cukup baik, 2 orang siswa atau 11% berada pada kategori kurang baik. Pada siklus II kemampuan komunikasi matematika mengalami peningkatan kembali dimana 7 orang siswa atau 41% berada pada kategori sangat baik, 7 orang siswa atau 41% berada pada kategori baik, 3 orang siswa atau 17% berada pada kategori cukup baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD IT Al- Fityah Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, kemampuan Komunikasi Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:07
Last Modified: 25 Jul 2023 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74745

Actions (login required)

View Item View Item