Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN SMARTPHONE ADDICTION PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Ema Yuhana Daulay, - (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN SMARTPHONE ADDICTION PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Smartphone addictionadalah sebagai perilaku keterikatan terhadap smartphone yang memungkinkan menjadi masalah sosial seperti halnya menarik diri kesulitan dan performa aktivitas sehari-hari atau sebagai gangguan kontrol impuls terhadap diri seseorang. Salah salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap terjadinya smartphone addiction adalah self esteem. Self esteemadalah penilaian diri yang dilakukan oleh seorang individu dan biasanya berkaitan dengan dirinya sendiri, penilaian tersebut mencerminkan sikap penerimaan diri atau penolakan dan menunjukkan seberapa jauh individu percaya bahwa dirinya mampu, penting, berhasil, dan berharga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan negatif antara self esteem dengan smartphone addiction pada mahasiswaUniversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 215 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling insidental. Alat pengumpulan data diperoleh menggunakan dua skala psikologis, yaitu skalasmartphone addictiondiadaptasi dari Smartphone Addiction Scale dari (Kwon dkk,2013) dengan cronbach’s alpa 0,913 dan skala self esteem dimodifikasi dari (Dirgantoro 2020) dengan cronbach’h alpa 0,831. Analisis data menggunakan tehnik analisis korelasi product moment berdasarkan hasil analisis diperoleh signifikan 0.000 (sig<0.05) dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,360. Hal ini menunjukkan semakin tinggi self esteem maka semakin rendah smartphone addiction pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, sebaliknya jika semakin rendah self esteem maka semakin tinggi smartphone addiction pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:57
Last Modified: 24 Jul 2023 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74709

Actions (login required)

View Item View Item