Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA AL-MA’ARIF NAHDATUL ULAMA TEBING TINGGI

SYARIF HIDAYATULLAH, - (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA AL-MA’ARIF NAHDATUL ULAMA TEBING TINGGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYARIF HIDAYATULLAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syarif Hidayatullah (2023): Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatakan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Swasta Al-Ma’arif NU Tebing Tinggi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAs Al-Ma’arif NU Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi metode, triangulasi antar-peneliti, triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa pemetaan mutu di SMAs Al-Ma’arif NU Tebing Tinggi mengacu pada SNP yang ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui BSNP menggunakan dokumen evaluasi diri dari rapor mutu yang dikeluarkan oleh SNP yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Dalam penyusunan rencana peningkatan mutu pendidikan dilakukan setelah menerima rapor mutu dari BNP yang dibuktikan dengan adanya dokumen visi dan misi sekolah. Pelaksanaan rencana peningkatan mutu pendidikan melalui proses penjaminan mutu yang dilakukan oleh sekolah dengan adanya proses pembelajaran apabila dalam proses pembelajaran guru-guru mengalami kesulitan maka akan dilakukan supervise, seperti supervise kepala sekolah maupun supervise guru yang bersangkutan. Dalam proses monitoring dan evaluasi dilakukan guna mengontrol jalannya proses mulai dari pemetaan mutu sampai pelaksanaan rencana peningkatan mutu yang kemudian dibandingkan dengan SNP. Apabila nantinya dalam penetapan kritreria minumum dari setiap standar ada yang belum mencapai standar maka akan di adakan program pendukung guna mendukung pencapaian standar yang ada. Kemudian apabila dalam penetapan kritreria maksimum sudah mencapai standar maka akan dilakukan peningkatan kembali guna mempertahankan standar yang ada lebih baik lagi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam meingkatkan mutu pendidikan adalah kualitas sarana, kualitas guru, kesejahteraan guru,pemerataan kesempatan pendidikan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan. Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:59
Last Modified: 24 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74703

Actions (login required)

View Item View Item