Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUKUM MENDENGARKAN MUSIK (STUDI KOMPARATIF ANTARA YUSUF AL-QARADHAWI DAN MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL-ALBANI)

FAJRUL HADI, - (2023) HUKUM MENDENGARKAN MUSIK (STUDI KOMPARATIF ANTARA YUSUF AL-QARADHAWI DAN MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL-ALBANI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fajrul Hadi (2023) : Hukum Mendengarkan Musik (Studi Komparatif Antara Yusuf Al-Qaradhawi dan Muhammad Nashiruddin Al-Albani) Penelitian ini pada skripsi ini bertujuan untuk mengungkap dasar hukum dan metode istinbat menurut Yusuf al-Qaradhawi dan Muhammad Nashiruddin Al-Albani mengenai musik dalam Islam serta mengetahui pendapat antara kedua tokoh tersebut yang lebih rajih untuk diimplementasikan pada zaman kontemporer. Tujuan lain antaranya ingin mengetahui analisis komparatif antara Yusuf al-Qaradhawi dan Muhammad Nashiruddin Al-Albani tentang musik dalam Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualiltatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data adalah melalui studi dokumentasi atau studi literatur. Jenis penelitian yang digunakan dalam kajian ini yaitu library research (kajian pustaka) supaya penulis dapat meneliti dan membahas kajian ini secara rinci dan membahas permasalahan ini dengan lebih mendalam. Dengan menggunakan data primer yaitu daripada kitab-kitab seperti Halal dan Haram dalam Islam, Fatwa-fatwa Terkini, manakala data sekunder yang merupakan data pelengkap atau pendukung yang diperoleh melalui buku-buku, jurnal dan juga artikel-artikel. Maka di dalam skripsi ini, Yusuf al-Qaradhawi memberi pendapat bahwa musik dalam Islam itu hukumnya mubah (dibolehkan) sebagaimana selari dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh syara‘. Adapun di sisi Muhammad Nashiruddin Al-Albani, beliau berpendapat bahwa musik itu hukumnya haram atas dasar membawa kepada kelalaian. Dalam mendatangkan fatwa tersebut maka kedua tokoh ini mempunyai dasar dan hujah mereka yang tersendiri sebagai sokongan dan dukungan ke atas pendapat mereka. Kata Kunci : Yusuf al-Qaradhawi, Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Hukum Mendengarkan Musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.56 Etika Moral Islam dalam Hal Tertentu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:53
Last Modified: 24 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74693

Actions (login required)

View Item View Item