Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PELAKSANAAN USAHA BERSAMA PADA USAHA KELOMPOK WANITA TANI AN-NISA’ (Studi di Jorong Bukik Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar)

Hanifah Zakiyah, Hanifah (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PELAKSANAAN USAHA BERSAMA PADA USAHA KELOMPOK WANITA TANI AN-NISA’ (Studi di Jorong Bukik Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Kelompok Wanita Tani (Kwt) An-Nisa’ yang ada di Jorong Bukik, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Pada Kelompok Wanita Tani An-Nisa’ ini terdapat ketidak sesuaian antara akad yang tidak rinci dan lebih jelas serta pelaksanaannya yang menyalahi ketentuan syari’at Islam. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan usaha bersama pada usaha kelompok wanita tani An-Nisa’ di Jorong Bukik Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat?. (2) Apa saja faktor penghambat serta pendukung pada usaha bersama kelompok wanita tani An-Nisa’ di Jorong Bukik Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat?. (3) Bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap pelaksanaan usaha bersama pada usaha bersama kelompok wanita tani An-Nisa’ di Jorong Bukik Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi dari usaha bersama KWT menurut tinjauan Fiqh Muamalah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) untuk mengetahui jawaban rumusan masalah di atas. Penulis mengambil lokasi data di Jorong Bukik Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar, dengan jumlah informan sebanyak 5 orang yang terdiri dari 3 anggota inti Kelompok Wanita Tani An-Nisa’ dan 2 anggota aktif Kelompok Wanita Tani An-Nisa. Data primer penelitian ini diperoleh langsung di lapangan menggunakan metode pengumpulan data seperti; observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka. Sedangkan metode analisa yang dipergunakan adalah metode analisa deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul lalu data tersebut diklasifikasikan ke dalam kategori-kategori berdasarkan persamaan dari jenis data tersebut, kemudian data tersebut diuraikan, dihubungkan, atau diperbandingkan antara satu data dengan data lainnya, sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti.. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada usaha bersama kelompok wanita tani An-Nisa’, dimana pada usaha bersama tersebut akad yang disepakati tidak rinci dan jelas serta dapat menimbulkan gharar dan adanya kebathilan dikarenakan keuntungan dibagi secara merata tetapi pada pelaksanaannya porsi kerja yang di berikan tidak sama rata, lalu tanggung jawab yang tidak di jalankan secara amanah dan tidak sesuai dengan akad yang sudah disepakati. Dan pada pelaksanaannya hal ini kurang sesuai dengan ketentuan syari’at Islam, sehingga nantinya timbul kedzhaliman dan kebathilan antar pihak yang berserikat . Maka persoalan tersebut kurang sesuai dengan konsep Fikih Muamalah yang sebenarnya, karena tentunya gharar, kedzhaliman dan kebathilan dilarang dalam syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : usaha bersama, Syirkah ‘Inan, Kelompok Wanita Tani An-Nisa’.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:38
Last Modified: 24 Jul 2023 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74682

Actions (login required)

View Item View Item