Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS LAYANAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) KEMENTERIAN AGAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PUBLIK

SUQMONO ARIANTO, - (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) KEMENTERIAN AGAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PUBLIK. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
TA LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISIS)
BAB IV ANALISIS DAN HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)

Abstract

ANALISIS KUALITAS LAYANAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) KEMENTERIAN AGAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PUBLIK SUQMONO ARIANTO NIM: 11653103425 Tanggal Sidang: 13 Juli 2023 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hulu sudah menggunakan Aplikasi Education Management Information System (EMIS) 4.0 terhitung sejak tahun 2020. Namun masyarakat pengguna layanan Aplikasi EMIS dalam hal ini operator merasakan adanya beberapa kesulitan, kendala, dan hambatan dalam mengakses dan menginput data pendidikan. Ketika ada pengaduan dari masyarakat pengguna EMIS, selain disampaikan melalui email, jawaban yang diberikan perlu menunggu waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas layanan EMIS dengan menggunakan metode E-Servqual. Penelitian ini menggunakan metode Electronic Service Quality (E-Servqual) untuk menghitung Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini diperoleh hasil negatif dari masing-masing Dimensi gap yaitu, Dimensi Kesenjangan Efisien (-0,08), Dimensi Kehandalan (-0,06), Dimensi Daya Tanggap (-0,04), Dimensi Pemenuhan (-0,12) dan Dimensi Privasi adalah (-0,05). Nilai Total Electronic Service Quality (TESQ) yang diperoleh adalah (-0,03) dengan hasil negatif yang berarti layanan yang diberikan oleh EMIS saat ini dikatakan belum memuaskan dan hasil pengolahan data responden didapatkan nilai CSI yaitu 0,87 yaitu hasil nilai CSI berada pada kriteria 0,81-1,00 yang operator sudah sangat puas dengan layanan EMIS. Kata Kunci: CSI, EMIS, E-Servqual, TESQ

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:49
Last Modified: 24 Jul 2023 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74666

Actions (login required)

View Item View Item