Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN METODE WEBQUAL 4.0 SEBAGAI ALAT UKUR KUALITAS LAYANAN WEBSITE PEMERINTAH

Sebayang, Surya Darma (2023) PENGGUNAAN METODE WEBQUAL 4.0 SEBAGAI ALAT UKUR KUALITAS LAYANAN WEBSITE PEMERINTAH. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3 (6). pp. 661-669. ISSN 2723-3898

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged (2).pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas layanan website pemerintah Kabupaten Asahan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan standar layanan yang diberikan oleh website pemerintah dalam konteks E-Government di Indonesia. Metode Webqual 4.0 digunakan sebagai alat pengukuran kepuasan pengguna layanan website pemerintah Kabupaten Asahan. Metode ini terbukti efektif dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna di berbagai sektor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pemerintah Kabupaten Asahan untuk meningkatkan kualitas layanan website mereka. Penelitian sebelumnya menggunakan Metode Webqual 4.0 dan menunjukkan bahwa usability, information quality, service interaction, dan trust berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan website pemerintah. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menguji kerangka kerja Metode Webqual 4.0 dalam konteks penggunaan layanan website pemerintah di Indonesia. Metodologi penelitian meliputi tahapan penentuan tujuan penelitian, identifikasi variabel penelitian, perumusan pertanyaan penelitian, pengembangan instrumen penelitian, pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner online dan offline, analisis data menggunakan aplikasi SPSS, interpretasi hasil analisis data, dan penyusunan laporan penelitian. Data dikumpulkan dari 32 responden melalui kuesioner yang menilai website berdasarkan variabel yang ditentukan. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna, penelitian ini diharapkan dapat membantu pemerintah Kabupaten Asahan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam meningkatkan kualitas layanan website mereka. Hal ini akan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan pemerintah secara online, dan pada akhirnya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemerintahan.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:35
Last Modified: 24 Jul 2023 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74665

Actions (login required)

View Item View Item