Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL - HAKIMIYAH PARINGGONAN KECAMATAN ULU BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS PROVINSI SUMATERA UTARA

AMIR HAMZAH SIREGAR, - (2023) ANALISIS METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL - HAKIMIYAH PARINGGONAN KECAMATAN ULU BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS PROVINSI SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
BAB I-V KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang metode menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren al-hakimiyah paringgonan. Pondok Pesantren Al-Hakimiyah yang terletak didesa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa program unggulan dan salah satunya yaitu tahfidzul Qur’an. Penelitian ini fokus membahas tentang metode apa yang digunakan di pondok pesantren al-hakimiyah paringgonan dalam menghafal Al-Qur’an. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yang mana sumber primer yang digunakan berupa hasil wawancara langsung di lapangan, hasil observasi, serta dokumentasi-dokumentasi yang dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat temuan dimana pelaksanaan menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren al-hakimiyah dilakukan dengan metode turki ustmani dan dibantu dengan metode seperti metode tahsin, muraja’ah, dan tasmi’. Selain itu juga terdapat faktor pendorong dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren al-hakimiyah paringgonan diantaranya yaitu motivasi dari orang tua dan guru, motivasi dari dalam diri sendiri, faktor keadaan lingkungan. Sedangkan beberapa faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman ilmu tajwid santri/wati, kurangnya konsentrasi dan semangat yang terkadang naik turun. Kata kunci : metode menghafal Al-Qur’an, Pondok Pesantren Al-Hakimiyah Paringgonan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:40
Last Modified: 24 Jul 2023 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74659

Actions (login required)

View Item View Item