Hidayatul Hasanah, Hidayatul (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI MODERASI BERAGAMA DALAM PROGRAM PEMBINAAN BASIC KEISLAMAN DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (TESIS GABUNGAN)
TESIS GABUNGAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau, (2) Pelaksanaan pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau, (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jami’ah UIN Suska Riau, (4) Evaluasi pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau. Pendekatan dan jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam menganalisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data kemudian mengambil kesimpulan dengan teknik deduktif dan induktif. Kemudian Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Adanya perencanaan pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau dengan penyusunan kurikulum dan silabus. (2) Pelaksanaan pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau dilakukan secara online dan offline dengan kreatifitas masing-masing pengajar. (3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jami’ah UIN Suska Riau yaitu adanya pelatihan ataupun seminar yang dilakukan oleh Ma’had kepada para pengajar dan juga keikutsertaan mahasiswa yang diwajibkan sebagai salah satu syarat bagi mahasiswa untuk ujian munaqosah. Kemudian faktor penghambatnya keterbatasan ruang dan sebagian besar pembelajaran dilakukan secara online maka rentan terjadinya kendala eksternal jaringan yang menyebabkan terganggunya keefektifan proses belajar mengajar. (4) Evaluasi pembelajaran materi moderasi beragama dalam program basic keislaman di Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau evaluasi yang dilakukan oleh pengajar adalah dengan melakukan Penilaian acuan kriteria hasil akhir pembelajaran
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, Moderasi Beragama. |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 02:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 02:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74650 |
Actions (login required)
View Item |