Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KONTEN INSTAGRAM @BANK_INDONESIA TERHADAP LITERASI MAHASISWA PEKANBARU MENGENAI QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS)

Zulfikri, Zulfikri (2023) PENGARUH KONTEN INSTAGRAM @BANK_INDONESIA TERHADAP LITERASI MAHASISWA PEKANBARU MENGENAI QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas kurangnya literasi gen-z mengenai layanan QRIS, umumnya rentang usia tersebut di isi oleh mahasiswa, yang mana pada dasarnya gen-z lebih sering terpapar sosial media dan perkembangan teknologi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh konten instagram @bank_indonesia terhadap literasi mahasiswa Pekanbaru mengenai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Metode penelitian yaitu kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui kuisioner (google form). Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 106.432 lalu diambil sebanyak 100 responden dengan teknik sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu teknik analisis statistik inferensial yang mana pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, regresi linear sederhana, uji T, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan konten instagram @bank_indonesia terhadap literasi mahasiswa Pekanbaru mengenai QRIS dengan melihat hasil uji regresi linear dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai signifikasi yang telah ditetapkan yakni 0,05, pada uji koefisien determinasi juga didapatkan hasil berdasarkan tabel output uji koefisien determinasi pada penelitian ini kolom Rsquare mendapatkan nilai sebesar 0,123 dan dikalikan dengan 100% maka akan mendapatkan hasil sebesar 12,3%, dengan hasil yang diperoleh dapat diartikan bahwa variabel terpaan konten instagram @bank_indonesia (X) terhadap variabel litarasi mahasiswa Pekanbaru mengenai QRIS (Y) adalah 12,3% sedangkan sisanya sebanyak 87,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar cakupan penelitian yang peneliti teliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Konten, Media Sosial, Literasi, QRIS.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:08
Last Modified: 24 Jul 2023 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74636

Actions (login required)

View Item View Item