Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

WULANDARI CANDRA YANI, - (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WULANDARI CANDRA YANI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari Candra Yani, (2023): Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran pendekatan Blended Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 37 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes yang berupa soal tes Pretest dan Posttest kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil rata-rata Post-test siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Sehingga, pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning efektif digunakan. Kata Kunci: Pendekatan Blended Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2023 08:16
Last Modified: 23 Jul 2023 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74618

Actions (login required)

View Item View Item