Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN MUSTAFA AL-MARAGHI DAN WAHBAH AZ-ZUHAILI TERHADAP KANDUNGAN SURAH AL-WAQI`AH

DWI EKO SYAPUTRA, - (2023) STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN MUSTAFA AL-MARAGHI DAN WAHBAH AZ-ZUHAILI TERHADAP KANDUNGAN SURAH AL-WAQI`AH. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini secara spesifik berjudul ``Studi Komparatif Penafsiran Mustafa AlMaraghi Dan Wahbah Az-Zuhaili Terhadap Kandungan Surah Al-Waqi`ah``. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu Isi dalam surah al-Waqi'ah pada umumnya berbicara tentang hari kiamat sebagaimana dengan arti dari kata alWaqi'ah itu sendiri, Sementara banyak masyarakat pada umumnya mengenal surah ini dengan sebutan surah seribu dinar, dengan anggapan surah ini adalah pintu rezeki bagi yang membacanya. Oleh karena itu didalam tesis ini akan membahas mengenai, bagaimana penafsiran umum isi kandungan surah alwaqi`ah dalam tafsir al-Maraghi dan tafsir al-munir, bagaimana sisi metodologis Tafsir al-Maraghi karya Mustafa al-Maraghi dan Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili terhadap kandungan surah al-waqi’ah, bagaimana penafsiran isi kandungan surah al-waqi`ah dalam tafsir al-Maraghi dan tafsir al-munir dan bagaimana perbedaan dan persamaan penafsiran isi kandungan surah al-waqi`ah dalam tafsir al-Maraghi dan tafsir al-munir? Penelitian ini berentuk library research atau kepustakaan oleh karena itu data yang digunakan berasal dari sumber primer dan sekunder metode yang digunakan yaitu komparatif. Adapun hasil penelitian ini adalah Mustafa al-Maraghi tidak menjelaskan tentang sisi fadilah surat al-Waqi’ah, Pada penjelasan umum surah al-Waqi`ah, Mustafa alMaraghi hanya menjelaskan aspek kandungan, surat al-Waqi’ah, munasabah surah dan ayat, sedangkan Wahbah az-Zuhaili menjelaskan aspek penamaan surah, munasabah surah dan ayat,kandungan surah, fadilah surah,. Terkait fadilah surah al-Waqiah yang mendatangkan rezki, riwayatnya berasal dari sayyidina utsman rasulullah bersabda; siapa yang membaca surah al-Waqi’ah dia tidak akan mengalami faaqah dan di riwayat lain dia akan memperoleh ghinah. Riwayat ini menurut kebanyakan ulama di anggap lemah. Persamaan penafsiran kandungan surah al-waqiah antara Mustafa al-maragi dan wahbah zuhaili di antaranya penjelasan penafsiran dengan mengelompokkan beberapa tema. Perbedaan nya wahbah zuhaili memaparkan fadilah surah alwaqiah di bagian penjelesan umum nya. Kata Kunci : Isi Kandungan, Surah al-Waqi`ah, Komparatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:43
Last Modified: 24 Jul 2023 00:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74615

Actions (login required)

View Item View Item