Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI DAKWAH TERHADAP FENOMENA FATHERLESS PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Kisah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam)

DIANA RAHMI, - (2023) STRATEGI DAKWAH TERHADAP FENOMENA FATHERLESS PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Kisah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang strategi dakwah terhadap fenomena fatherless perspektif al-Qur’an melalui studi kisah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam. Startegi dakwah idealnya sudah disampaikan dalam al-Qur’an, hal tersebut dapat ditemui dalam kisah Nabi Ibrahim ketika ia berdialog dengan ayahnya keimanan dan sesembahan. Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam sebagai seorang yang hebat hingga ia mampu menunjukkan kesalahan dalam peribadahan terhadap sesembahan yang tidak dapat mendengar, melihat dan tidak pula bermanfaat. Maka penelitian ini mengkaji pandangan ahli tafsir mengenai dialog nabi Ibrahim dan ayahnya dalam Qur’an surah Maryam ayat 41-49. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dan disajikan dengan teknis analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini yaitu kegagalan Nabi Ibrahim mengajak ayahnya untuk mengikuti ajaran Allah, tidak membuatnya sombong dengan berkata kasar kepada ayahnya. bahkan Ibrahim tetap berlaku baik meskipun telah mendapatkan perlakuan yang tidak baik sehingga ditarik kesimpulan bahwa ayahnya telah mencakup karakteristik sikap faterhless kepada Nabi Ibrahim. Adapun strategi dakwah yang dilakukan Nabi Ibrahim yaitu spiritualisme, akhlakul karimah, dan birrul walidain. Kata Kunci : Strategi, Dakwah,, Nabi Ibrahim, Fatherless, Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:02
Last Modified: 24 Jul 2023 01:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74614

Actions (login required)

View Item View Item