Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TIPOLOGI PERTEMANAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Semantik Kata Shahiba dan Khalila)

ANNISA HIDAYATI ALFARISI, - (2023) TIPOLOGI PERTEMANAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Semantik Kata Shahiba dan Khalila). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Hidayati Alfarisi, (2023): Tipologi Pertemanan Prespektif al-Quran (Kajian Semantik Kata Shahiba dan Khalila) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran ulama terhadap kata yang berasa dari kata Shahiba dan khalila dalam al-Quran dan untuk mengetahui tipe-tipe pertemanan atas dasar prinsip dari kedua asal kata tersebut. Rumusan masalah penelitian ini ada dua yaitu: 1) Bagaimana penafsiran ulama terhadap makna kata yang berasal dari kata shahiba dan khalila dalam al-Quran?, 2) Bagaimana tipe-tipe pertemanan yang dimaksud atas dasar prinsip dari akar kata shahiba dan khalila?. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kajian pustaka tematik. Sumber primer penelitian ini adalah Tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraisy Shihab, Tafsir fi Zhilali al-Quran karya Sayyid Qutbh, dan Tafsir Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Takwil karya al-Baidhawi. Adapun sumber sekundernya diperoleh dari Jurnal dan buku-buku bacaan yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti adalah sebagai berikut: 1) Makna kata yang berasal dari kata shahiba dan khalila dalam al-Quran ditafsirkan menggunakan tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab, tafsir Fi Zhilali al-Quran karya Sayyid Qutbh, dan Tafsir Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Takwil karya Imam Nashruddin al-Baidhawi. 2) Kata ashhab memiliki tipe pertemanan sosial dengan yang lebih tua, lebih muda, atau sebaya. Kata Shaahibun memiliki tipe pertemanan dengan sifat-sifatnya, yaitu tidak riya dan tidak munafik. Kata Shaahibah memiliki tipe pertemanan nilai-nilai kehidupan berumah tangga sesuai dengan syari’at islam. Kata Yushhabuun memiliki tipe pertemanan yang menggambarkan pertemanan antara penguasa dan rakyat. Dan kata khalila beserta akar-akarnya memiliki tipe pertemanan agama yang bersifat bathiniyah dan hubungannya langsung kepada Allah swt. Kata Kunci: Tipologi, Pertemanan, kajian Semantik, Shahiba dan khalila.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:05
Last Modified: 24 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74613

Actions (login required)

View Item View Item