Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PEMANFAATAN GAS C H 4 LIMBAH SAMPAH MENJADI ENERGI LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTURBIN GAS (Studi Kasus : TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR MUARA FAJAR 2 KOTA PEKANBARU)

LUTHFAN RIFA’I, - (2023) ANALISIS PEMANFAATAN GAS C H 4 LIMBAH SAMPAH MENJADI ENERGI LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTURBIN GAS (Studi Kasus : TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR MUARA FAJAR 2 KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (KECUALI BAB IV)
tanpa.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan masyarakat akan energi listrik yang tinggi menyebabkan tidak seimbangnya antara permintaan dengan ketersediaan energi listrik sehingga terjadinya peningkatan permintaan energi listrik. Oleh karena itu masyarakat memerlukan energi alternatif yang bisa bisa menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan. Seperti sampah menjadi salah satu potensi sumber energi yang cukup banyak tersedia diindonesia khususnya kota pekanbaru. Hal ini diperlukan sebuah pembangkit listrik yang menggunakan limbah sampah dari TPA Muara Fajar 2 agar sampah dapat terkelola dengan baik yang pembangkit listrik ini menggunakan sampah sebagai bahan baku karena sampah dapat menghasilkan gas metana, sehingga dapat menghasilkan energi listrik yang menggunakan metode mikroturbin gas yang mana gas metana adalah sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Berdasarkan tinjauan kandungan emisi dan potensi sampah Provinsi Riau, Kota Pekanbaru akan terus memproduksi sampah yang cukup banyak hingga pada puncaknya pada tahun 2032 diproyeksikan 408.163,24 ton/tahun. Berdasarkan Analisa hasil dari penelitian perhitungan manual proses sanitary landfill untuk menghitung kadar gas metana dan perhitungan siklus brayton mikroturbin gas dengan berdasarkan hukum termodinamika pertama dan kedua. dapat diketahui potensi energi listrik dari limbah tempat pembuangan akhir adalah 272.927,20 kwhtahun dengan efisiensi termal yaitu 28,8% dengan menggunakan bahan bakar gas metan sebanyak 29.065,73m³/tahun. Yang mana penggunaan mikroturbin tesebut lebih ramah lingkungan dan pengolahannya lebih sederhana dan kinerja Mikroturbin gas yaitu 6.845.16 kJ/s dan temperatur keluaran turbin yaitu sebesar 1.377,06 K, maka Daya Netto siklus pembangkitan mikroturbin gas 4.473,83 kJ/s. Kata kunci: TPA, Mikroturbin, metana, termodinamika,sanitary landfill

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Jul 2023 07:41
Last Modified: 23 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74606

Actions (login required)

View Item View Item