Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BANGKINANG TERKAIT PENGEMBALIAN STATUS DAN FUNGSI HUTAN DI DESA KEPAU JAYA ( Studi Putusan Nomor 28/Pdt.G./2013/ PN.Bkn)

MUHAMMAD AQIL AZANI, - (2023) PELAKSANAAN PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BANGKINANG TERKAIT PENGEMBALIAN STATUS DAN FUNGSI HUTAN DI DESA KEPAU JAYA ( Studi Putusan Nomor 28/Pdt.G./2013/ PN.Bkn). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Aqil Azani, (2023): Pelaksanaan Putusan Pengadilan Negeri Bangkinang Terkait Pengembalian Status dan Fungsi Hutan di Desa Kepau Jaya (Studi Putusan Nomor 28/Pdt.G/2013 /PN.Bkn) Penulisan skripsi ini di latarbelakangi oleh tidak terlaksananya putusan Pengadilan Negeri Bangkinang Nomor 28/Pdt.G/2013/PN.Bkn dimana putusan tersebut memutuskan agar tergugat I Suriyanto alias Ayau mengembalikan tanah hutan yang di kuasainya dimana pada saat ini ditanami kelapa sawit agar di kembalikan menjadi kawasan hutan sebagaimana status dan fungsi nya namun sampai hari ini putusan tersebut belum terlaksana dan semua yang pihak yang terkait tidak mengambil peran dan tugas nya masing masing. Masalah dalam penelitian ini yaitu sebuah kawasan hutan di Desa Kepau Jaya di ambil oleh perorangan di gunakan untuk perkebunan kelapa sawit, dan sampai hari ini masih belum di kembalikannya sebagaimana status dan fungsinya berdasarkan amar Putusan Pengadilan Negeri Bangkinang Nomor 29/Pdt.G/2013/PN/BKN. Penelitian ini dilakukan di Pengadilan Negeri Bangkinang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kantor Yayasan Riau Madani dan Di Desa Kepau Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana Pelaksanaan Putusan Pengadilan Negeri Bangkinang Terkait Pengembalian Status dan Fungsi Hutan di Desa Kepau Jaya (Studi Putusan Nomor 28/Pdt.G/2013 /PN.Bkn). Jenis Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis, penelitian hukum dan efektivitas hukum ini berlaku di masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, analisis data kualitatif, penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Putusan Pengadilan Negeri Bangkinang Nomor 28/Pdt.G/2013 /PN.Bkn belum terlaksana, dapat dilihat dari kawasan hutan tersebut masih di tanami oleh kelapa sawit dan tergugat I masih tetap mengambil hasil kelapa sawit dan lahan tersebut. Adapun faktor penghambat belum terlaksana Putusan Pengadilan Negeri Bangkinang Nomor 28/Pdt.G/2013 /PN.Bkn yaitu pertama pihak tergugat I masih mengajukan upaya hukum peninjauan Kembali, kedua biaya eksekusi sangat besar karena lahan yang akan di eksekusi sangat luas yaitu 781,44 Hektar dan membutuhkan personil keamanan yang banyak. Kata Kunci : Pelaksanaan, Fungsi hutan, Putusan Pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2023 23:58
Last Modified: 23 Jul 2023 23:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74546

Actions (login required)

View Item View Item