MOTIF DAN AKIBAT PERCERAIAN DI KALANGAN KEPOLISIAN (Studi Kasus Perceraian anggota Kepolisian di Jajaran Sektor Kuantan Mudik Ditinjau dari Hukum Islam)

Danu Altriara, (2011) MOTIF DAN AKIBAT PERCERAIAN DI KALANGAN KEPOLISIAN (Studi Kasus Perceraian anggota Kepolisian di Jajaran Sektor Kuantan Mudik Ditinjau dari Hukum Islam). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011107.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “MOTIF DAN AKIBAT PERCERAIAN DI KALANGAN KEPOLISIAN (Studi Kasus Perceraian anggota Kepolisian di Jajaran Sektor Kuantan Mudik Ditinjau dari Hukum Islam)” , dengan latar belakang bahwa Kepolisian sebagai Institusi yang disorot langsung oleh masyarakat, apalagi institusi POLRI saat ini dalam masa–masa pembenahan menuju kemandirian Polri setelah berpisah dari ABRI. Lokasi penelitian ini adalah : Polres Kuantan Singingi Sektor Kuantan Mudik, alasan penulis meneliti ialah, dikarnakan Polisi adalah aparatur negara yang berinteraksi langsung dengan masyarakat, dan juga diikuti terjadinya beberapa kasus perceraian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pertama, Untuk mengetahui motif anggota Kepolisian Resor Kuantan Singingi Sektor Kuantan Mudik melakukan perceraian. Kedua, Untuk mengetahui akibat yang timbul apabila anggota Kepolisian Resor Kuantan Singingi Sektor Kuantan Mudik melakukan perceraian. Ketiga, Untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang Perceraian di kalangan anggota Kepolisian. Tipe penelitian ini adalah Penelitian yang merupakan studi kasus dan lapangan (Case study Reserch and Field Study Reserch). Metode penulisan dalam penelitian ini dalah Induktif, Deduktif, Deskrptif. Sedangkan data Primer diperoleh dari wawancara anggota Polsek Kuantan mudik, data sekunder diperoleh dari buku-buku, literature, internet yang berhubungan dengan penelitian ini. Motif anggota Polsek Kuantan mudik melakukan perceraian dan akibat perceraian itu sendiri terhadap keluarga, terhadap Kepolisian. Analisis hukum Islam tentang motif dan akibat perceraian. Dari penelitian ini didapati, Penugasan Anggota yang berhubungan langsung dengan dunia kejahatan dan maksiat sedikit banyaknya mempengaruhi pola pikir, sikap, dan prilaku anggota itu sendiri. Anggota Kepolisian yang bercerai enggan untuk melaporkan perceraian mereka, mengurus percerain mereka, dan dilakukan tidak di hadapan hakim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 07:37
Last Modified: 12 Jan 2016 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item