Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MEMBINA HAFALAN Al-QUR’AN SISWA DI RUMAH QUR’AN SE KECAMATAN BENGKALIS

NURUL HASANAH, - (2023) STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MEMBINA HAFALAN Al-QUR’AN SISWA DI RUMAH QUR’AN SE KECAMATAN BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hasanah (2023) : Strategi Guru Dalam Melaksanakan Program Tahfidz Dalam Membina Hafalan Al-Qur’an Siswa Di Rumah Qur’an Se kecamatan Bengkalis Strategi adalah sebagai suatu cara menetapkan keseluruhan aspek yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pembelajaran, termasuk perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. guru adalah sebagai seorang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan siswa dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi siswa, baik potensi kognitif potensi afektif maupun potensi psikomotorik. Program Tahfidz adalah program menghafal Al-Qur‟an yang memungkinkan pembentukan keterampilan, pengetahuan, dan sikap secara maksimal dalam menghafal Al-Qur‟an. Adapun permasalahannya yaitu Adanya guru Kesulitan menyesuaikan program tahfidz dengan cara menghafal siswa yang berbeda-beda, Kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua dalam mendukung meningkatnya hafalan Al-Qur‟an siswa, Strategi guru dalam pelaksanaan program tahfidz belum maksimal di Rumah Qur‟an Se Kecamatan Bengkalis, Kurangnya motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur‟an, Metode Mengajar guru yang kurang bervariasi sehingga adanya siswa yang mengantuk dan kurang bersemangat dalam Menghafal Al-Qur‟an, Kemampuan dalam menghafal Al-Qur‟an masih kurang dimiliki oleh siswa di Rumah Qur‟an Se kecamatan Bengkalis. Fokus penelitian ini adalah strategi guru dalam melaksanakan program tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur‟an dan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur‟an di Rumah Qur‟an Se kecamatan Bengkalis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif Analisis. Adapun informan utama pada penelitian ini adalah 10 guru Rumah Tahfidz Qur‟an se Kecamatan Bengkalis. Dari keseluruhan guru Rumah Tahfidz sebanyak 23 orang Guru. Informan Pendukung adalah 25 siswa Dari keseluruhan siswa sebanyak 250 siswa Rumah Qur‟an Se kecamatan Bengkalis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi guru dalam melaksanakan program tahfidz terdapat 4 strategi yaitu Penerapan sistem klasifikasi siswa, penerapan target hafalan Al-Qur‟an, Penerapan sistem muroja‟ah dan menerapkan sistem reward dan punishment. Kata Kunci: Strategi, Guru, Program tahfidz, kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:33
Last Modified: 23 Jul 2023 06:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74489

Actions (login required)

View Item View Item