Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH CAPITAL INTENSITY RATIO, LEVERAGE KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDY EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONENYA YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2020-2022)

ZEKI RAHMAN, - (2023) PENGARUH CAPITAL INTENSITY RATIO, LEVERAGE KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDY EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONENYA YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2020-2022). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH CAPITAL INTENSITY RATIO, LEVERAGE KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDY EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONENYA YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2020-2022) Oleh: ZEKI RAHMAN NIM : 11970313111 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Capital Intensity Ratio, Leverage Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen Terhadap Penghindaran Pajak dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Capital Intensity Ratio, Leverage, Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Penghindaran Pajak dan variabel moderatingnya adalah Ukuran Perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sector otomotif dan komponenya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022, dimana jumlah sampel adalah 33 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda MRA , analisis regresi data panel, Uji parsial dan Uji Adjustet R 2 menggunakan MRA aplikasi program eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penegmbangan hipotesis Capital Intersity Ratio, Leverage, Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen diduga berpengaruh signifikan terhadap Penghindaran Pajak, sedangkan Ukuran Perusahaan mampu memoderasi Capital Intersity Ratio, Leverage, Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen terhadap Penghindaran Pajak. Untuk pengujian secara parsial menunjukkan bahwa Capital Intensity Ratio dan Komisaris Independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Penghindaran Pajak, sedangkan Kepemilikan Institusional dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Penghindaran Pajak, dan Ukuran Perusahaan mampu memoderasi Komisaris independen, sedangkan ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi Capital Intersity Ratio, Leverage dan Kepemilikan Institusional terhadap Penghindaran Pajak. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas berkontribusi terhadap variabel terikat sebanyak 57% dan 42% dijelaskan variabel lain. Kata Kunci: Capital Intensity Ratio, Leverage Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:31
Last Modified: 24 Jul 2023 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74485

Actions (login required)

View Item View Item