Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KERJA SAMA PEMERINTAH DESA DAN PENDAMPING DESA DALAM MENGGERAKKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SIMPANG KOTA MEDAN KECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU RIAU

JOKO PIRWANTO, - (2023) KERJA SAMA PEMERINTAH DESA DAN PENDAMPING DESA DALAM MENGGERAKKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SIMPANG KOTA MEDAN KECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Pemerintah desa dalam upaya menggerakkan ekonomi masyarakat perlu bekerja sama dengan pendamping desa. karena pendamping desa merupakan kegiatan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat melalui asistensi pengorganisiasian, pengarahan dan fasilitasi desa, dan bertugas mendampingi desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan Pendamping Desa dalam Menggerakkan Ekonomi Desa di Desa Simpang Kota Medan Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu, dan untuk mengetahui peran yang dilakukan pemerintah desa dan pendamping desa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Pendamping Desa, dan Warga Desa.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kolaborasi Menurut Chris Ansell Alison Gash. Bentuk kerja sama antara pemerintah desa dan pendamping desa ialah saling berinteraksi, berkomunikasi satu sama lain. Pemerintah desa memberikan informasi kepada pendamping desa untuk mendampingi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa. Hasil yang telah diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan Bentuk kerja sama antara pemerintah desa dan pendamping desa ialah saling berinteraksi, berkomunikasi satu sama lain. Pemerintah desa memberikan informasi kepada pendamping desa untuk mendampingi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa. Hasil dari bentuk kerja sama antara pemerintah desa dan pendamping desa dalam menggerakkan ekonomi masyarakat ialah meningkatkan dan menjalankan BUMDes. Diantara peranannya yaitu: Pemerintah Desa sebagai perencana program pembangunan dan Pendamping Desa sebagai pendamping, pengkoordinasi dan pengawas program. Kata kunci : Kerja Sama, Pemerintah Desa, Pendamping Desa, Ekonomi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:26
Last Modified: 23 Jul 2023 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74483

Actions (login required)

View Item View Item