Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP UNDIAN BERHADIAH (STUDI KASUS PADA APLIKASI MYTELKOMSEL DENGAN SISTEM TUKAR POIN)

RAHMA DILLA, - (2023) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP UNDIAN BERHADIAH (STUDI KASUS PADA APLIKASI MYTELKOMSEL DENGAN SISTEM TUKAR POIN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMA DILLA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

ABSTRAK Rahma Dilla, (2023): Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Undian Berhadiah (Studi Kasus Pada Aplikasi Mytelkomsel Dengan Sistem Tukar Poin) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pengguna Telkomsel yang mengikuti undian berhadiah pada aplikasi Mytelkomsel, yaitu program Undi-undi Hepi dengan sistem tukar poin. Dalam hal ini setiap peserta kemungkinan mendapatkan ketidakpastian atas poin yang telah ia tukar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik undian berhadiah (studi kasus pada aplikasi Mytelkomsel dengan sistem tukar poin), dan bagaimana tinjauan Fikih Muamalah terhadap undian berhadiah (studi kasus pada aplikasi Mytelkomsel dengan sistem tukar poin). Jenis penelitian ini pada prinsipnya merupakan telaah pustaka (library research). Akan tetapi, dibutukan data lapangan sebagai pendukung. Pendekatannya adalah yuridis normatif. Subjek dari penelitian ini yaitu para peserta yang mengikuti undian berhadiah pada aplikasi Mytelkomsel serta pihak dari Telkomsel itu sendiri. Oleh karena populasi yang tak terhingga, maka penulis mengambil sampel dengan cara Accidental Sampling. Data primer diperoleh dari sampel yang diperoleh sebanyak 11 orang, yaitu 10 peserta undian berhadiah dan 1 dari pihak Telkomsel. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, skripsi, jurnal, dan referensi lainnya. Data tersier diperoleh dari kamus dan lain sebagainya. Tekhnik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yaitu dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa praktik undian berhadiah pada aplikasi Mytelkomsel dengan sistem tukar poin yaitu ada syarat untuk mengikuti undian berhadiah ini dengan cara harus menukar 1 poin dengan sebuah kupon, yang mana poin Telkomsel merupakan program loyalty dari perusahaan Telkomsel kepada pelanggannya. Setelah menukar poin, maka peserta undian akan mendapatkan kupon. Kupon tersebut akan diundi untuk menentukan siapa yang akan memenangkan hadiahnya. Undian berhadiah studi kasus pada aplikasi Mytelkomsel dengan sistem tukar poin hukumnya dibolehkan, karena transaksi ini tidak mengandung unsur perjudian dan tidak ada gharar di dalamnya, tidak ada kontribusi peserta atas hadiah yang ditawarkan, perusahaan Telkomsel hanya berniat untuk memberikan hadiah kepada pelanggan Telkomsel sebagai salah satu bentuk loyalty perusahaan kepada konsumennya, serta tidak ada pihak yang dirugikan. Kata Kunci: Fiqh Muamalah, Undian Berhadiah, Sistem Tukar Poin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:22
Last Modified: 23 Jul 2023 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74482

Actions (login required)

View Item View Item