Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEANDALAN INSTRUMENTASI PADA UNIT STERILIZER MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS: PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PKS SEI GALUH)

ARRAHIM, - (2023) ANALISIS KEANDALAN INSTRUMENTASI PADA UNIT STERILIZER MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS: PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PKS SEI GALUH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TA FINAL Rep.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Perkebunan Nusantara V PKS Sei Galuh merupakan pabrik industri yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit menjadi CPO yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti Km.21 Desa Pantai Cermin, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Terdapat beberapa stasiun pengolahan yang bekerja saling berkaitan demi berjalannya hasil produksi yang optimal, salah satunya adalah Sterilizer yang berfungsi untuk memasak atau merebus tandan buah segar (TBS) dengan menggunakan uap (steam). Sterilizer merupakan pengolahan mekanis yang pertama untuk buah kelapa sawit. Sterilizer menggunakan uap basah sebagai media pemanas yang berasal dari sisa pembuangan turbin uap yang dimasukkan ke dalam tangki supply atau BPV (Back Peasure Vessel) dengan tekanan kerja 2,5-3,0 kg/cm² dan temperature uap 135°C menggunakan sistem perebusan 3 puncak selama 80-90 menit. Proses perebusan merupakan faktor paling penting dalam pengolahan TBS, sebab sangat besar pengaruhnya terhadap losses dan hasil produksi CPO. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keandalan dari setiap komponen instrumentasi pada Sterilizer. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Reliability Centered Maintenance (RCM) yang dapat membantu memilih perawatan dan pemilihan tindakan perawatan dengan output berupa jadwal perawatan dan pihak yang bertanggung jawab. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa komponen inlet valve memiliki nilai RPN tertinggi dengan nilai 280 dengan interval jadwal perawatan yang direkomendasikan setiap 211 hari dan nilai RPN terendah ada pada komponen air compressor dengan nilai 150 dengan interval jadwal perawatan yang direkomendasikan setiap 635 hari. Kata Kunci: FMEA, Keandalan, Preventive Maintenance, RCM, Sterilizer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:03
Last Modified: 23 Jul 2023 06:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74477

Actions (login required)

View Item View Item