Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLIKASI HADITS ISTIQOMAH DALAM SEMANGAT BERAGAMA (Analisis Perspektif Psikologi)

BAGUS IHZA HARAHAP, - (2023) IMPLIKASI HADITS ISTIQOMAH DALAM SEMANGAT BERAGAMA (Analisis Perspektif Psikologi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAGUS IHZA HARAHAP.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implikasi Hadits Istiqomah Dalam Semangat Beragama (Analisis Perspektif Psikologi)”. Implikasi istiqomah dalam semangat beragama menjadi problematika dimasa sekarang. Tentang implikasi istiqomah dalam semangat beragama ditinjau psikologi individunya. Apakah istiqomah berperan penting dalam membuat seseorang menjadi semangat beragama.. Dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan masalahnya yaitu bagaimana kualitas dan pemahaman hadis-hadis tentang istiqomah dan bagaimana implikasi istiqomah dalam semangat beragama (tinjauan psikologi). Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian skripsi ini yaitu penelitian kepustakaan (Library Research). Data Primer yang diambil dari penelitian ini ialah kitab Shahih Muslim dan Shahih Bukhari dan kitab Syarah An-Nawawi dan Fathul Bari, serta data sekunder yang diambil dari berbagai studi kepustakaan seperti jurnal, skripsi, tesis, disestasi, buku-buku ilmiah, dan lainnya. Dari penelitian tentang hadis-hadis tentang Istiqomah berkualitas shahih. Adapun pengaruh Istiqomah dalam semangat beragama tinjauan psikologi yaitu mendapatkan ketenangan, mendapat dorongan untuk terus bersifat baik, mencegah manusia untuk berbuat jahat, tahan terhadap godaan, hilangnya rasa takut dan merasa mudah malu karena perbuatan buruk, dll. Kata Kunci: Implikasi, Istiqomah , Semangat beragama, Psikologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:05
Last Modified: 23 Jul 2023 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74476

Actions (login required)

View Item View Item