Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN MATERI SEDEKAH, HIBAH DAN HADIAH DALAM MATA PELAJARAN FIKIH TERHADAP SIKAP DERMAWAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN KARIMAN KAMPAR

MUHAMMAD ANWAR NASUTION, - (2023) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI SEDEKAH, HIBAH DAN HADIAH DALAM MATA PELAJARAN FIKIH TERHADAP SIKAP DERMAWAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN KARIMAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Anwar Nasution, (2022): Pengaruh Pemahaman Materi Sedekah, Hibah dan Hadiah terhadap Sikap Dermawan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kariman Kampar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sikap deramawan siswa yang secara umum terlihat kurang memuaskan. Materi pembelajaran tentang sedekah, hibah dan hadiah sudah diajarkan di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kariman Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman siswa tentang sedekah, hibah dan hadiah terhadap sikap dermawan siswa selama di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kariman Kampar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kariman Kampar yang berjumlah 131 orang. Sampel yang diambil adalah 38% yang berjumlah 50 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan tehnik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunanakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi serial. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman siswa tentang materi sedekah, hibah dan hadiah terhadap sikap dermawan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kariman Kampar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil t hitung = 1,197 lebih besar dari t tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (0,273 < 1,197 > 0,354). Kata kunci : Pemahaman Materi Sedekah, Hibah, Hadiah, Sikap Dermawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2023 05:54
Last Modified: 23 Jul 2023 05:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74469

Actions (login required)

View Item View Item