Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STEM-PjBL DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA MATERI TATA SURYA DI MTs NEGERI 1 PEKANBARU

NUR HAPIZA, - (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STEM-PjBL DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA MATERI TATA SURYA DI MTs NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR HAPIZA.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Hapiza (2023) : Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran STEM-PjBL Dengan Pendekatan Etnosains Pada Materi Tata Surya Di MTs Negeri 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang diberikan perlakuan pembelajaran model STEM-PjBL dengan pendekatan etnosains. Penelitian ini merupakan jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Designs. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII pada Tahun Ajaran 2022/2023 yang ada di MTs Negeri 1 Pekanbaru dengan sampel penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil dengan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes uraian. Skor tes keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis melalui uji Mann Whitney menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas model STEMPjBL dengan pendekatan etnosains dengan siswa pada kelas yang menggunakan model konvensional pada materi tata surya. Hal ini ditunjukkan melalui uji Mann Whitney, yakni Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < signifikasi alpha 0.05. dimana peroleh rata-rata gain pada kelas kontrol adalah 0.30 dengan kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen, skor rata-rata gain sebesar 0.66 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model STEM-PjBL dengan pendekatan etnosains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : STEM-PjBL, Etnosains, Keterampilan Berpikir Kritis, Tata Surya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2023 04:04
Last Modified: 23 Jul 2023 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74468

Actions (login required)

View Item View Item