Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE IJMALI DALAM TAFSIR AL-HUDA BERBAHASA JAWI KARYA BAKRI SYAHID (STUDI ANALISIS)

HANGGA RICY PRAYOGI, - (2023) METODE IJMALI DALAM TAFSIR AL-HUDA BERBAHASA JAWI KARYA BAKRI SYAHID (STUDI ANALISIS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul: “Metode Ijmali Dalam Tafsir Al-Huda Berbahasa Jawi Karya Bakri Syahid (Studi Analisis).” Skripsi UIN Suska Riau 2023. Penelitian ini menjelaskan tentang metode yang digunakan dalam penafsiran kitab tafsir Al-Huda Berbahasa Jawi Karya Bakri Syahid. Seperti yang kita ketahui kitab tafsir ini menggunakan bahasa jawa, yang berarti memiliki keunikan dalam penafsirannya, Selain itu sumber rujukan yang digunakan mengambil dari bukubuku tentang kebudayaan jawa itu sendiri. Di kitab tafsir Al-Huda setidaknya ada tujuh buku yang tercantum dalam daftar pustaka sebagai sumber rujukan, Diantaranya, Kidoeng karya Sunan Kalijaga, Kapoestakan Djawa karya Poerbotjaroko dan Tarjan Hadijaja, Serat woelengreh karya Kanjeng Susuhunan Paku Buwono IV dan lain sebagainya. Tentunya terdapat pengaruh dalam metode penafsirannya. Rumusan masalah terdapat dua rumusan (1) Bagaimana metode ijmali yang digunakan dalam tafsir Al-Huda, (2) Bagaimana kelebihan dan kelemahan metode ijmali dalam tafsir Al-Huda. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan secara kualitatif dengan menggunakan teknik library research (kepustakaan), sedangkan metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisisdeskriptif, yaitu sebuah metode pembahasan untuk menerapkan data-data yang telah tersusun dengan melakukan kajian terhadap data-data tersebut. Hasil penelitian yang peneliti temukan Metode yang digunakan dalam kitab ini benar metode Ijmali, Hal itu dapat diketahui dari pemaparan penjelasan ayat yang cukup singkat dan global. Kelebihan metode ijmali dalam kitab tafsir ini (1). Jelas dan mudah dipahami. (2). Bebas dari penafsiran israiliyat. (3). Dekat dengan bahasa alQur’an. Kekurangannya metode ijmali dalam kitab tafsir ini (1). Menjadikan alQur’an bersifat persial. (2). Penafsiran ringkas dan tidak mendalam (3). Mengharus metode global. Kata Kunci: Metode Ijmali, Tafsir Al-Huda, Bakri Syahid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Jul 2023 02:21
Last Modified: 23 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74434

Actions (login required)

View Item View Item